Rabu, 09 April 2008

Arti Sebuah Visi

VISI

Sebagian besar kegagalan adalah diakibatkan oleh kegagalan menetapkan Visi, Visi yang jelas merupakan langkah awal untuk mencapai sukses. Visi ini dapat diketahui dari pertanyaan, “Apa sebenarnya yang aku inginkan??”.

Apabila visi yang dimiliki adalah sebuah visi yang jelas dan juga besar, maka rintangan akan dipandang sebagai tantangan bukan sebagai penghalang.

Kepemimpinan yang baik artinya mengetahui seberapa banyak dari masa yang akan datang boleh diperkenalkan kepad masa kini, sinergi antara masa lalu dan masa depan. Orang besar selalu berfikir melampaui Zaman, Dia adalah manusia yang dilahirkan untuk masa depan.

Ary Ginanjar

Visi merupakan sumber kekuatan dari semua perubahan baik skala individu maupun skala institusi besar seperti negara.

British Rules The Waves, sebuah visi angkatan Laut Inggris Raya yang artinya “inggirslah yang mengatur Gelombang Samudra ”, kata – kata itu telah menghujam di dalam pikiran bawah sadar Angkatan Laut Kerajaan Inggris sehingga menjadi sebuah obsesi, dan sejarah membuktikan bahwa Inggris memang menjadi sebuah negara koloni terbesar di dunia abad pertengahan masehi, Benderanya di lambangkan delapan penjuru mata angin yang mengilhami mereka untuk menguasai dunia dari segala penjuru.

Saat perang Asia Pasifik Timur Raya, Bala tentara Jepang begitu perkasa menganeksasi hampir seluruh daratan Asia. Doktrin Tenno Haika atau Dewa Matahari-Nya membuat mereka begitu berani, sampai – sampai ada pasukan Kamikaze atau pasukan bunu diri Jepang. Hal ini tidak lain merupakan hasil dari penetapan doktrin “Penetapan Visi” orang – orang Jepang tersebut untuk memotivasi semangat dalam dirinya.

Hitler selalu mendoktrin bangsa Jerman saat perang dunia II bahwa Ras Aria sebagai ras tertinggi di dunia, sehingga bangsa Eropa Lain menjadi Objek dan Nazi Jerman menjadi Subjek dunia pada Waktu itu.

Coca – Cola menetapkan sebuah Visi Anywhere Anytime Drink Coca – cola, “Kapan saja, dimana saja, minum Coca - cola”. Ini bisa memotivasi para pimpinan direksi, management hingga pegawai terendah sehingga ereka terdorong utnuk merambah Dunia.

Sebab kegagalan Sebuah Visi

Penetapan visi umumnya hanya didasarkan pada logika, dengan mengabaikan suara hati. Akibatnya mereka hancur, Contoh ; Nazi yang ingin menguasai Dunia.

Jangan menetapkan sebuah visi hanya dengan menggunakan logika, tetapi juga menggunakan suara hati / fitra yang diberkan Allah SWT. ”Kita mendeteksi bukan menciptakan misi kita hidup”.

Visi Dalam Islam

Kalimat Syahadat adalah pencerminan sebuah visi, mulai dengan tujuan kahir dan membulatkan sebuah tekad. Kekuatan Syahadat jika ditanamkan di dalam hati, maka ia akan berubah menjadi

Kekuatan yang luar biasa dahyat yang akan mendorong setiap jiwa manusia untuk bergerak mencapai visi..

Syahadat merupakan sebuah perjanjian suci antara Manusia dan Allah SWT,figur yang bisa menerapkan visi itu adalah Nabi Muhammad SAW, yang telah berhasil mengubah wajah dunia dengan bermodalkan syahadat, kemudian diteruskan oleh para sahabat.

Bukti keberhasilan sebuah misi; Mereka bisa menaklukan Mesopotamia. Siria, Palestina dan merebut Mesir dari kekuatan Byzantine pada tahun 642 M, kemudian Persia, Afrika Utara, Samudra Atlantik, Hingga ke Visigothic Spanyol, uniknya penaklukan itu selalu diikuti dengan masuknya orang – orang secara berbondong –bondong, secara sukarela dan tanpa paksaan sama sekali. Mereka menetapkan tujuan, bergerak dan menyelesaikannya dengan tangan mereka sendiri, tanpa suatu organisasi, LSM atau yang lainnya. Mereka adalah generasi terbaik yang pernah ada di muka bumi ini, menurut Michael Hart.

Mereka di dorong oleh keyakinan kepada Allah SWT dan kepemimpinan seorang Nabi Mohammad, dalam satu kesatuan yaitu dua kalimat Syahadat.

Visualisasi Visi

Hampir setiap atlet hebat di seluruh dunia adalah mereka yang melakukan Visualisasi terahadap Visi mereka.mereka melihat, merasakan dan mereka mengalaminya sebelum meeka benar – benar malakukannya.

Kalimat Syahadat adalah suatu misi yang enghasilkan suatu bayangan tentang tujuan akhir yang divisualisasikan dalam betuk surga. Mereka memvisualisasikan visi mereka dengan indahnya Syurga yang di janjikan Allah SWT.

Inti dari kepemipinan adalah membuat sebua tujuan akhir yang berbentuk sebuah persepsi yang dinyatakan dengan jelas dan kuat.

Thomas Alva Edison adalah seorang penjual koran di kereta Api

Julius Caesa menderita penyakit ayan.

Napoleon lahir dari orangtua kelas rendahandan jauh dari kategori cerdas(peringkat 46 dari 65 oranfg siswa di akademi Militer.

Bethoven adalah seorang yang Tuli. Sama seperti Thomas Alva Edison.

Plato berpunggung Bungkuk dan Stepen Hawkings lumpuh.

Apa yang membuat mereka sukses??

“Kita suma hidup di bawah langit yang sama, tetapi tidak semua orang punya cakrawala yang sama” kata Konrad Adenauerr.

Doktrin Tauhid “Laa Ilaaha Illalla” merupakan syahadat serta proklamasi kemerdekaan martabat emanusiaan bagi setiap pribadi muslim yang nilainya jauh melampaui makna Declaration of Human Right.

Repetitive Magic Power

Ikrar kalimat syahadat paling sedikit diucapkan 9X dalam sehari semalam, ini akan menjadi sebuah doktrin maha dasyat yang akan mengisi dan menggetarkan kalbu.

Di Jepang pola ini diterapkan, dimana para instruktur mewajibkan para siswa eksekutifnya untuk mengucapkan kalimat “Saya Juara” 100x dalam sehari selama masa latihan, teori ini di sebut dengan Repetitif Magic Power yang berarti kekuatan ajaib dari perulangan.

Jika kita sholat 5x, maka ia melakukan repetitive magic power sebanyak 270x dalam sebuan atau 3.320x dalam setahun. Dan apabila ia telah melakukan shalat selama 10 tahun, maka ia telah melakukan repetitive magic power sebanyak 32.400x, dan ini dilakukan seumur hidup. Bayangkan ebnergi yang di timbulkan….!!!

Jika Shalat dilakukan tanpa didasarioleh suatu pemikiran danpemahaman yang mendalam tentang makna shalat sesungguhnya, maka ia akan sulit memperoleh benefit dari tindakan yang dilakukan.

Das Sollen + das sein artinya hati dilangit tetapikaki tetap menjejak bumi(down to the earth). Inilah prinsip tersirat yang diterapkan Nabi. Nabi berjuang mulai dari bawah sekali, bahkan mulai dari Nol.

“Aku bersaksi bahwa Muhammad itu utusan Allah”, adalah suatu bentuk transformasi visi untuk membumikan sifat – sifat Allah yang mulia di atas bumi ini. Salah satu manfaat mengucapkannya ketika shalat adalah supaya kita mencontoh beli.

Kelompok Manusia dibagi menurut Visinya menurut John C. Maxwel memilki 4 tingkatan yaitu;

  1. Orang yang tidak memilki visi ( Pengembara ).
  2. Orang yang memilki visi tetapi tidak pernah mengejarnya sendiri ( Pengikut ).
  3. Orang yang memilki visi dan mengejarnya ( Peraih prestasi )
  4. Orang yang memilki visi, mengejarnya, dan membantu oranglain menemukannya (Pemimpin ).

Apa yang anda peroleh hari ini adalah hasil masa lalu anda dan apa yang anda lakukan hari ini adalah untuk masa depan anda.

Segla sesuatu diciptakan 2x, ciptaan pertama adalah ciptaan imaginasi di dalam alam pikiran, dan ciptaan kedua adalah ciptaan nyata pada alam fisik, contoh; seorang arsitek.

Visi adalah suatu pangangan tanpa batas, yang mampu menembusruang san waktu. Visi itu adalah sebuah pembimbing autopilot.

Doa adalah sebuah visi, sama – sama sebuah harapan, Nabi bersabda ”Mulailah dengan doa”. Itu artinya mulailah dengan sebuah visi.

Oarang yang mempunyai visi tetapi tidak mengejarnya mungkin karena krang kuatnya keyakinan dari dalam diri orang tersebut untuk mencapai visinya, atau karena salah mengartikan visi.

Tidak ada komentar: